01 October 2012

Menumbuhkan Motivasi Untuk Terus Belajar

Sebagai manusia yang masih hidup di muka bumi seharusnya kita terus menjadi seorang pembelajar yang senantiasa haus ilmu dan pengetahuan. Sebab hal ini adalah salah satu syarat menjadi maju dan sukses. Tetapi seringkali alasan sibuk (ketiadaan waktu) dan usia menjadi penghalang nomor wahid untuk terus menggali ilmu.

Belajar cepat

Agar belajar atau menggali ilmu menjadi hal bisa senantiasa kita lakukan secara kontinyu berikut tips nya :

1. Memposisikan diri dalam keadaan KEPEPET

Semua makhluk hidup secara alami dalam kondisi kritis akan berusaha mempertahankan kelangsungan hidupnya. Hal ini akan ‘memaksa’ tubuh mengeluarkan segala daya upayanya secara optimal dan mempelajari sesuatu dengan sangat cepat. Contohnya adalah saat kita dikejar anjing, kita bisa lari dengan sangat cepat, bisa melompat sangat jauh, padahal pada kondisi normal kita belum mempelajari cara berlari dan melompat seperti demikian.

2. Menemukan ALASAN yang sangat KUAT

Motivasi belajar juga bisa terus ditumbuhkan saat kita menemukan alasan yang sangat kuat untuk melakukannya. Misalnya, seseorang dipaksa untuk mempelajari seusatu yang baru ditempat kerja yang baru. Alasan sangat kuatnya adalah, jika ia tidak mau belajar hal baru tersebut maka ia tidak akan melaksanakan tugasnya dengan baik.

3. Mencari LINGKUNGAN yang mendukung

Salah satu contoh mengenai hal ini adalah seseorang yang belajar bahasa Inggris dengan efektif dengan tinggal di daerah atau negara yang bahasa kesehariannya Inggris. Atau contoh yang lain adalah bergabung dengan komunitas yang berisi aktivitas keilmuan yang ia ingin bisa.

4. Mencari PESAING

Seringkali kita menghindari persaingan karena menghindari terjadinya konflik. Padahal di sisi lain, persaingan akan menghasilkan kreatifitas yang semakin tinggi. Inovasioinovasi baru muncul karena adanya persaingan. Sebab manusia akan lebih cepat belajar dari pesaingnya. Ia akan berusaha selalu lebih baik dibandingkan pesaingnya.

Semoga bermanfaat.